Tugas SoftSkill - Metode Kualitatif - Ke 3 - Ricko Putratama Wijaya - 3 IC 08 - 29414254

Tugas SoftSkill
Metode Kualitatif ke - 3

Nama : Ricko Putratama Wijaya
Kelas : 3 IC 08
NPM : 29414254

" Perbandingan antara Ban Tubeless, Ban Radial dan Ban Bias "


Perbedaan Ban Tubeless, Ban Radial dan Ban Bias

Ban Tubeless 

Ban tubeless adalah ban yang dirancang khusus untuk dapat menahan udara langsung yang ada di dalamnya tanpa harus menggunakan ban dalam. Sehingga dengan tidak adanya ban dalam maka tidak perlu lagi yang namanya tambal ban pada ban tubeless ini. Ban tubeless dilengkapi dengan lapisan dalam untuk menghindari adanya kebocoran udara, lapisan dalam tersebut juga berfungsi untuk menghambat udara bocor dengan cepat ketika ban tertusuk seperti paku dan lain-lain, sehingga tingkat keamanannya cukup bagus.

Keuntungan Ban Tubeless



Ban tubeless memiliki keuntungan yaitu ketika ban terkena paku atau benda tajam lain, tread dan liner mencengkeram kuat di paku, sehingga dapat mencegah kebocoran udara sehingga ban tidak cepat kempis. Dan karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan rim, maka transfer radiasi panas akan menjadi lebih baik. Dengan dihilangkannya ban dalam, flap dan side ring ban menjadi lebih ringan.
Ban Radial
Ban Radial

Ban radial adalah ban yang dibuat dengan lapisan serat yang arahnya menyilang pada lingkar ban. Tipe ban radial ini, sabuknya terbuat dari serat baja. Ban radial disebut juga ban radial baja dengan tapak yang lebih kaku, lebih tahan terhadap guncangan dan juga keausan dari pada tipe ban bias. Ban radial mempunyai kelemahan juga yaitu kurang nyaman ketika ban melintasi jalanan yang tidak rata.Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau "Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.

Ban Bias
Ban Bias

Ban bias adalah ban yang dibuat dengan lapisan serat yang arahnya miring. Ban bias memiliki tapak atau tread dengan daya serap benturan yang baik sehingga memberi kenyamanan ketika berkendara. Adapun ketahanan terhadap keausan dan guncangan kurang bagus. Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut terhadap keliling lingkaran ban.

Kesimpulan

Semua tipe Ban memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, untuk itu perlu cermat dalam memilih ban untuk kendaraan anda. Sesuaikan dengan kondisi jalan saat dipakai, supaya pada saat mengemudi terasa nyaman dan aman. Usahakan mengganti ban yang sudah agak gundul sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian jangan memberi kapasitas/beban berlebih kepada ban, terutama untuk jarak jauh karena dapat memperpendek umur ban itu sendiri.

 
Sumber :

http://www.bridgestone.co.id
http://www.guruotomotif.com
https://bantruckdanbus.wordpress.com

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian Lampu Sederhana dan FLIP FLOP pada Sepeda Motor

Mercedes-Benz OH 1836

Tugas 3 : IBD dalam kesusastraan