Tugas SoftSkill - Metode Kualitatif - Ke 3 - Ricko Putratama Wijaya - 3 IC 08 - 29414254
Tugas SoftSkill
Metode Kualitatif ke - 3
Nama : Ricko Putratama Wijaya
Kelas : 3 IC 08
NPM : 29414254
Metode Kualitatif ke - 3
Nama : Ricko Putratama Wijaya
Kelas : 3 IC 08
NPM : 29414254
" Perbandingan antara Ban Tubeless, Ban Radial dan Ban Bias "
Perbedaan Ban Tubeless, Ban Radial dan Ban Bias
Perbedaan Ban Tubeless, Ban Radial dan Ban Bias
Ban Tubeless
Ban
tubeless adalah ban yang dirancang khusus untuk dapat menahan udara langsung
yang ada di dalamnya tanpa harus menggunakan ban dalam. Sehingga dengan tidak adanya
ban dalam maka tidak perlu lagi yang namanya tambal ban pada ban tubeless ini. Ban
tubeless dilengkapi dengan lapisan dalam untuk menghindari adanya kebocoran
udara, lapisan dalam tersebut juga berfungsi untuk menghambat udara bocor
dengan cepat ketika ban tertusuk seperti paku dan lain-lain, sehingga tingkat
keamanannya cukup bagus.
Keuntungan
Ban Tubeless
Ban
tubeless memiliki keuntungan yaitu ketika ban terkena paku atau benda tajam
lain, tread dan liner mencengkeram kuat di paku, sehingga dapat mencegah
kebocoran udara sehingga ban tidak cepat kempis. Dan
karena udara dalam ban berhubungan langsung dengan rim, maka transfer radiasi
panas akan menjadi lebih baik. Dengan dihilangkannya ban dalam, flap dan side
ring ban menjadi lebih ringan.
Ban Radial
![]() |
Ban Radial |
Ban
radial adalah ban yang dibuat dengan lapisan serat yang arahnya menyilang pada
lingkar ban. Tipe ban radial ini, sabuknya terbuat dari serat baja. Ban radial
disebut juga ban radial baja dengan tapak yang lebih kaku, lebih tahan terhadap
guncangan dan juga keausan dari pada tipe ban bias. Ban radial mempunyai
kelemahan juga yaitu kurang nyaman ketika ban melintasi jalanan yang tidak
rata.Untuk ban radial, konstruksi carcass cord membentuk sudut 90 derajat
sudut terhadap keliling lingkaran ban. Jadi dilihat dari samping
konstruksi cord adalah dalam arah radial terhadap pusat atau crown dari
ban. Bagian dari ban berhubungan langsung dengan permukaan jalan
diperkuat oleh semacam sabuk pengikat yang dinamakan "Breaker" atau
"Belt". Ban jenis ini hanya menderita sedikit deformasi dalam bentuknya
dari gaya sentrifugal, walaupun pada kecepatan tinggi. Ban radial ini
juga mempunyai "Rolling Resistance" yang kecil.
Ban Bias
![]() |
Ban Bias |
Ban
bias adalah ban yang dibuat dengan lapisan serat yang arahnya miring. Ban bias
memiliki tapak atau tread dengan daya serap benturan yang baik sehingga memberi
kenyamanan ketika berkendara. Adapun ketahanan terhadap keausan dan guncangan
kurang bagus. Ban dengan struktur bias adalah yang paling banyak dipakai. Dibuat dari
banyak lembar cord yang digunakan sebagai rangka (frame) dari ban. Cord
ditenun dengan cara zig-zag membentuk sudut 40 sampai 65 derajat sudut
terhadap keliling lingkaran ban.
Kesimpulan
Semua tipe Ban memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, untuk itu perlu cermat dalam memilih ban untuk kendaraan anda. Sesuaikan dengan kondisi jalan saat dipakai, supaya pada saat mengemudi terasa nyaman dan aman. Usahakan mengganti ban yang sudah agak gundul sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian jangan memberi kapasitas/beban berlebih kepada ban, terutama untuk jarak jauh karena dapat memperpendek umur ban itu sendiri.
Semua tipe Ban memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, untuk itu perlu cermat dalam memilih ban untuk kendaraan anda. Sesuaikan dengan kondisi jalan saat dipakai, supaya pada saat mengemudi terasa nyaman dan aman. Usahakan mengganti ban yang sudah agak gundul sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Kemudian jangan memberi kapasitas/beban berlebih kepada ban, terutama untuk jarak jauh karena dapat memperpendek umur ban itu sendiri.
Sumber :
http://www.bridgestone.co.id
http://www.guruotomotif.com
https://bantruckdanbus.wordpress.com
Comments
Post a Comment