Tugas SoftSkill - Metode Kuantitatif - Ke 1 - Ricko Putratama Wijaya - 3 IC 08 - 29414254
Nama : Ricko Putratama Wijaya
Kelas : 3 IC 08
NPM : 29414254
Metode Kuantitatif
" Mercedes-Benz OH-1526 vs Hino RK8 R260 "
Dua mesin ini sama-sama sudah familiar di telinga penggemar bus di indonesia. Berikut ini merupakan perbandingan antara kedua mesin ini :
Spesifikasi:
Hino RK8 R260
|
Mercedes Benz OH 1526
|
|
Mesin
|
||
Model
|
R260 (J08E-UF)
|
OM906LA
|
Tipe
|
Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline
turbocharger intercooler
|
Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline
turbocharger intercooler
|
Tenaga Maks (PS/rpm)
|
260 / 2500
|
260 / 2200
|
Isi Silinder
|
7684 cc
|
6374 cc
|
Max Torque
|
750nm @ 1500
|
950nm @ 1200 - 1600
|
Standard Emisi
|
Euro II
|
Euro III
|
Kopling
|
Single Dry Plate, with Coil Spring
|
Single Dry Plate, with Coil Spring
|
Transmisi
|
Manual 6 tingkat percepatan
|
G85-6, Manual (6 maju dan 1
mundur)
|
Oli Mesin
|
15 liter
|
28 Liter
|
Dimensi
|
||
Jarak Sumbu roda
|
6000 mm
|
5960 mm
|
Panjang Total
|
11270 mm
|
11500 mm
|
Total Lebar
|
2440 mm
|
2498 mm
|
Lebar Jejak Depan FR Tr
|
2040 mm
|
1961 mm
|
Lebar Jejak Belakang RR Tr
|
1840 mm
|
1882 mm
|
Julur Depan FPH
|
2200 mm
|
2200 mm
|
Julur Belakang ROH
|
3070 mm
|
3070 mm
|
Ban dan Velg
|
10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162
|
8.25 x 22.5 dan
11.00 R 22.5
|
Kemudi
|
||
Tipe
|
Integral Power Steering
|
Power Steering ZF 8097
|
Radius Putar
|
9.2
|
9.44
|
Suspensi
|
||
Tipe
|
Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf
Spring
|
Leaf Spring trapesoidal dengan
peredam kejut dan stabilizer
|
Rem
|
||
Rem Utama
|
Full Air,with Two Circuit
|
Full Air,with Two Circuit
|
Rem Parkir
|
Spring Brake
|
Spring Brake
|
Rem Mesin
|
With On Exhaust Pipe
|
With On Exhaust Pipe
|
GVWR
|
14,2 ton
|
15 ton
|
Tangki Solar
|
270 Liter
|
300 Liter
|
Harga
|
Rp 609.000.000,-
|
Rp 647.000.000,-
|
Performa :
Hino RK8 masih EURO II sedangkan OH-1526 sudah EURO III. Dengan standar EURO III, di Indonesia mampu dengan menggunakan PertaminaDEX dan bukan Solar Pertamina biasa. Konsekuensinya jika EURO III diberikan Solar Pertamina biasa maka harus lebih rajin mengganti fuel filter, dengan perbandingan
kalau RK8 baru 1 kali ganti fuel filter OH-1526 sudah 3 kali ganti.
Pada Hino RK8 dengan isi silinder 7684cc mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 260PS pada rpm 2500. Sedangkan pada Mercedes-Benz OH-1526 dengan isi silinder 6374cc bisa menghasilkan tenaga maksimum 260PS hanya pada rpm 2200, sedikit dibawah rpm Hino untuk menghasilkan tenaga yang sama.
Mengapa bisa demikian, karena Mercedes-Benz sudah menggunakan ECU untuk mengatur penggunaan campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar.
Biaya :
Jika harga oli diesel termurah dipasaran Rp 40.000,-/liter, maka :
RK8
membutuhkan 15 liter x 40.000 = Rp 600.000,-
Sedangkan
OH-1526 membutuhkan
28 liter x 40.000 = Rp 1.120.000,-
Jelas OH 1526 membutuhkan biaya hampir 2 kali
lipat hanya untuk penggunaan oli pada mesin diesel.
Kenyamanan:
Kedua seri ini sama-sama masih menggunakan suspensi tipe leaf spring. OH 1526 ini cenderung keras, tidak seperti OH 1525, OH 1521
yang keras saat baru tapi lama kelamaan menjadi empuk. Sedangkan RK8
ternyata memiliki suspensi daun yang lebih panjang seperti OH 1521. Tapi
sayang empuknya suspensi ini malah membuatnya mudah patah. Untuk suara mesin RK8 lebih
kasar dan berisik dibanding OH 1526.
Kesimpulan :
Jika dilihat dari harga yang tidak begitu jauh, lalu performa dan biaya perawatan, kedua mesin ini sama-sama bisa diandalkan untuk keadaan jalan yang tidak terlalu ekstrim. Tetapi jika untuk usaha bis pariwisata,AKAP ataupun AKDP dalam skala yang cukup besar sepertinya Hino RK8 bisa dipilih sebagai pilihan, tetapi bukan berarti MBOH 1526 tidak bisa sebagaimana Hino RK8. Semua kembali lagi pada keputusan sang pemilik perusahaan itu, ingin memilih mesin mana yang cocok untuk usahanya.
Sumber :
http://www.hino.co.id
http://www.karoseri-id.com
http://www.majalahtransportasi.com
Comments
Post a Comment