Tugas SoftSkill - Metode Kuantitatif - Ke 1 - Ricko Putratama Wijaya - 3 IC 08 - 29414254

Nama : Ricko Putratama Wijaya
Kelas : 3 IC 08
NPM : 29414254


Metode Kuantitatif
" Mercedes-Benz OH-1526 vs Hino RK8 R260 "

Dua mesin ini sama-sama sudah familiar di telinga penggemar bus di indonesia. Berikut ini merupakan perbandingan antara kedua mesin ini :
Spesifikasi:

            Hino RK8 R260
         Mercedes Benz OH 1526

Mesin

Model
R260 (J08E-UF)
OM906LA
Tipe
Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbocharger intercooler
Diesel 4 Stroke; 6 silinder inline turbocharger intercooler
Tenaga Maks (PS/rpm)
260 / 2500
260 / 2200
Isi Silinder
7684 cc
6374 cc
Max Torque
750nm @ 1500
950nm @ 1200 - 1600
Standard Emisi
Euro II
Euro III
Kopling
Single Dry Plate, with Coil Spring
Single Dry Plate, with Coil Spring
Transmisi
Manual 6 tingkat percepatan
G85-6, Manual (6 maju dan 1 mundur)
Oli Mesin
15 liter
28 Liter

Dimensi

Jarak Sumbu roda
6000 mm
5960 mm
Panjang Total
11270 mm
11500 mm
Total Lebar
2440 mm
2498 mm
Lebar Jejak Depan FR Tr
2040 mm
1961 mm
Lebar Jejak Belakang RR Tr
1840 mm
1882 mm
Julur Depan FPH
2200 mm
2200 mm
Julur Belakang ROH
3070 mm
3070 mm
Ban dan Velg
10.00-20-14PR dan 20X7.00T-162
8.25 x 22.5 dan
11.00 R 22.5

Kemudi

Tipe
Integral Power Steering
Power Steering ZF 8097
Radius Putar
9.2
9.44

Suspensi

Tipe
Rigid Axle with Semi Elliptic Leaf Spring
Leaf Spring trapesoidal dengan peredam kejut dan stabilizer

Rem

Rem Utama
Full Air,with Two Circuit
Full Air,with Two Circuit
Rem Parkir
Spring Brake
Spring Brake
Rem Mesin
With On Exhaust Pipe
With On Exhaust Pipe
GVWR
14,2 ton
15 ton
Tangki Solar
270 Liter
300 Liter

Harga


Rp 609.000.000,-

Rp 647.000.000,-



Performa :


Hino RK8 masih EURO II sedangkan OH-1526 sudah EURO III. Dengan standar EURO III, di Indonesia mampu dengan menggunakan PertaminaDEX dan bukan Solar Pertamina biasa. Konsekuensinya jika EURO III diberikan Solar Pertamina biasa maka harus lebih rajin mengganti fuel filter, dengan perbandingan kalau RK8 baru 1 kali ganti fuel filter OH-1526 sudah 3 kali ganti.

Pada Hino RK8 dengan isi silinder 7684cc mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 260PS pada rpm 2500. Sedangkan pada Mercedes-Benz OH-1526 dengan isi silinder 6374cc bisa menghasilkan tenaga maksimum 260PS hanya pada rpm 2200, sedikit dibawah rpm Hino untuk menghasilkan tenaga yang sama. 

Mengapa bisa demikian, karena Mercedes-Benz sudah menggunakan ECU untuk mengatur penggunaan campuran bahan bakar dan udara ke ruang bakar.


Biaya :

Jika harga oli diesel termurah dipasaran Rp 40.000,-/liter, maka :

RK8 membutuhkan 15 liter x 40.000 = Rp 600.000,-

Sedangkan 

OH-1526 membutuhkan 28 liter x 40.000 = Rp 1.120.000,-

Jelas OH 1526 membutuhkan biaya hampir 2 kali lipat hanya untuk penggunaan oli pada mesin diesel. 


Kenyamanan: 

Kedua seri ini sama-sama masih menggunakan suspensi tipe leaf spring. OH 1526 ini cenderung keras, tidak seperti OH 1525, OH 1521 yang keras saat baru tapi lama kelamaan menjadi empuk. Sedangkan RK8 ternyata memiliki suspensi daun yang lebih panjang seperti OH 1521. Tapi sayang empuknya suspensi ini malah membuatnya mudah patah. Untuk suara mesin RK8 lebih kasar dan berisik dibanding OH 1526.


Kesimpulan :

Jika dilihat dari harga yang tidak begitu jauh, lalu performa dan biaya perawatan, kedua mesin ini sama-sama bisa diandalkan untuk keadaan jalan yang tidak terlalu ekstrim. Tetapi jika untuk usaha bis pariwisata,AKAP ataupun AKDP dalam skala yang cukup besar sepertinya Hino RK8 bisa dipilih sebagai pilihan, tetapi bukan berarti MBOH 1526 tidak bisa sebagaimana Hino RK8. Semua kembali lagi pada keputusan sang pemilik perusahaan itu, ingin memilih mesin mana yang cocok untuk usahanya.



Sumber :

http://www.hino.co.id
http://www.karoseri-id.com
http://www.majalahtransportasi.com

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian Lampu Sederhana dan FLIP FLOP pada Sepeda Motor

Mercedes-Benz OH 1836

Tugas 3 : IBD dalam kesusastraan