Tugas SoftSkill - Teknologi Inf. & Multimedia - Ke 1 - Ricko Putratama Wijaya - 4 IC 08 - 29414254 #MULTIMEDIA_MARET
Tugas SoftSkill Teknologi Informasi & Multimedia #MULTIMEDIA_MARET
Nama : Ricko Putratama Wijaya Kelas : 4IC08 NPM : 29414254
Nama : Ricko Putratama Wijaya Kelas : 4IC08 NPM : 29414254
Pengertian Multimedia
Multimedia
sendiri merupakan cara yang dilakukan untuk melakukan penggunaan komputer guna menyajikan dan
juga menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia
informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia
juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. Pada awalnya
multimedia hanya dapat mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan
(gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan
konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa (berwujud). Dalam
perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan
konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak
diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan
pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi
membangkitkan sense realistis.
Multimedia terbagi
menjadi dua kategori, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif.
Multimedia linier merupakan suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat
pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengunanya. Multimedia ini
berjalan sekuensial (berurutan), contohnya yaitu TV dan film. Multimedia
interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol
yang dapat dioperasikan oleh penggunanya, sehingga pengguna dapat memilih apa
yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contohnya yaitu multimedia
interaktif adalah multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.
Konsep Dasar Multimedia
Secara bahasa
MULTIMEDIA Terdiri dari dua kata yaitu MULTI dan MEDIA. Yang
pertama yaitu MULTI yang memiliki arti “banyak”, sedangkan MEDIA yang memiliki
arti “alat atau sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyampaikan informasi”. Jadi,
menurut bahasa MULTIMEDIA dapat di artikan sebagai alat-alat yang dapat digunakan
untuk menyampaikan informasi. Bukan hanya itu MULTIMEDIA juga memiliki arti
suatu sarana yang di dalamnya terdapat suatu kombinasi elemen komunikasi
seperti teks, grafik, animasi, video dan lainnya.
Berikut Pengertian
Multimedia Menurut Para Ahli :
·
Najjar
(1996) : Multimedia adalah Penyampaian informasi menggunakan gabungan dari
teks, grafik, suara, video dan animasi.
·
Hofstetter
(2001) : Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menampilkan
informasi yang merupakan gabungan dari teks, grafik, audio dan video
sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi, berkreasi
dan berkomunikasi dengan komputer.
·
Lancien (1998:7)
: Multimedia pada masa kini merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian
media, seperti teks, animasi, grafik, suara, video kedalam sistem komputer.
Pemanfaatan Multimedia
Dengan adanya
multimedia terdapat banyak manfaat yang dapat digunakan dalam berbagai aspek,
diantaranya :
·
Edukasi
Dalam hal dunia pendidikan peranan perangkat multimedia
sangat membantu dalam mempermudah proses pembelajaran siswa, guru dan dosen
dalam menyampaikan dan juga menerima dari apa yang disampaikan. Contohnya:
Tutorial, Ensiklopedia (Misal Microsoft Encarta) dengan demikian para
siswa tidak jenuh dan merasa bosan dengan materi yang disampaikan secara
monoton melalui suara, tapi ada tambahan dengan menyajikan gambar dan video
dengan menggunakan sarana multimedia ini. Sehingga para siswa memliki
ketertarikan guna memepelajari lebih dalam materi apa yang disampaikan oleh
guru ataupun dosen.
·
Informasi
Suatu penyebaran informasi yang baik dan cepat
sangat menunjang suatu informasi itu sendiri, dengan menggunakan multimedia
informasi dapat diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan cepat
ditangkap,dengan penyediaan multimedia dalam bidang informasi tampat dan
informasi yang kita cari dapat mudah diakses dan memberi daya tarik lebih.
Contohnya pada pariwisata, Museum, Galeri Seni, Seminar, dll.
·
Entertaiment
Sebuah hiburan sangatlah penting dalam kehidupan
manusia, setelah lelah seharian bekerja atau beraktifitas manusia membutuhkan
hiburan yang menghibur untuk istirahat mereka, dengan adanya multimedia hiburan
dikemas dengan sangat menarik, contohnya games, seni dan pertunjukan.
·
Medis
Dalam dunia kedokteran multimedia mempunyai peranan
yang amat sangat penting karena dalam hal ini dapat membantu para dokter untuk
menentukan penyakit dan mendiagnosanya, Contoh pemanfaatan multimedia pada
kedokteran yaitu X-Ray Scanner. Selain itu dapat mempermudah Dokter dan
perawat dalam memonitor kesehatan pasien contohnya seperti memonitor detak
jantung pasien melalui monitor komputer, aliran darah dan memeriksa organ dalam
pasien dengan sinar X.
·
Tempat Umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat
berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat
perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut
dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat
yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan
letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan
wilayah kios informasi tersebut.
Multimedia dalam Pendidikan
Definisi
multimedia pembelajaran terbagi menjadi dua yaitu definisi sebelum tahun
1980-an dan definisi sesudah tahun 1980-an. Sebelum tahun 1980-an atau pada era
60-an, menurut Barker & Tucker, 1990 (Sunaryo Soenarto, 2005: 116),
multimedia diartikan sebagai kumpulan dari berbagai peralatan media berbeda yang
digunakan untuk presentasi. Dalam pengertian ini multimedia diartikan sebagai
ragam media yang digunakan untuk penyajian materi pelajaran, misalnya
penggunaan wall chart atau grafik
yang dibuat di atas kertas karton yang ditempelkan di dinding. Tan Seng Chee
& Angela F. L. Wong (2003: 217) menyatakan bahwa multimedia secara
tradisional merujuk kepada penggunaan beberapa media, sedangkan multimedia pada
zaman sekarang merujuk kepada penggunaan gabungan beberapa media dalam
penyajian pembelajaran melalui komputer. Setelah tahun 1980-an, multimedia
didefinisikan sebagai penyampaian informasi secara interaktif dan terintegrasi
yang mencakup teks, gambar, suara, video atau animasi (Hackbarth, 1996;
Philips, 1997). Hackbarth (1996: 229) menekankan bahwa hypermedia dan hypertext
termasuk multimedia interaktif berbasis komputer. Philips (1997: 8) menekankan
pada komponen interaktivitas yang menunjuk kepada proses pemberdayaan pengguna
untuk mengendalikan lingkungan melalui komputer.
Penggunaan
aplikasi multimedia dalam menyampaikan teoridanpraktek agar lebih mudah dan
jelas sehingga topik pendidikan menjadi lebih menarik dan interaktif. Banyak
pengajaran yang menggunakan multimedia dengan menggunakan gambar, suara,
animasi dan video / film, seperti :
·
Perangkat ajar
bahasa
·
Perangkat ajar
berhitung untuk anak-anak
·
Alat peraga
biologi
·
Kedokteran
·
Seni rupa &
desain
·
Dll.
Berdasarkan hal
tersebut, multimedia dalam proses belajar mengajar dapat digunakan dalam tiga
fungsi. Pertama, multimedia dapat berfungsi sebagai alat bantu instruksional.
Kedua, multimedia dapat berfungsi sebagai tutorial interaktif, misalnya dalam
simulasi. Ketiga, multimedia dapat berfungsi sebagai sumber petunjuk belajar,
misalnya, multimedia digunakan untuk menyimpan serangkaian slide mikroskop atau
radiograf.
Teknologi
multimedia ini, juga dapat digunakan dalam mengembangkan Computer Assisted
Learning (CAL). Computer Assisted Learning (CAL) adalah perangkat lunak
pendidikan yang diakses melalui komputer dan meru-pakan bentuk pembelajaran
yang menempatkan komputer sebagai “dosen”. Karena pada intinya CAL
merupakan media ganda yang terintegrasi yang dapat menyajikan suatu paket ajar
yang berisi komponen visual dan suara secara bersamaan.
Multimedia dikalangan Masyarakat
Penggunaan
perangkat multimedia dikalangan masyarakat dapat digunakan untuk menginformasikan
atau mencari informasi di seluruh dunia (negara-negara lain) tanpa harus datang
menyaksikan langsung informasi tersebut ke lokasi yang dimaksud. Saat ini
internet sudah menjangkau ke seluruh individu yang tanpa menggunakan PC
(Personal Computer) dapat menggunakan internet yang didukung dengan adanya HP
(Handphone) dengan teknologi 3G bahkan 4G nya. Kemudian juga perangkat
multimedia lainnya yaitu TV (Televisi) yang dapat memberikan banyak informasi
kejadian, budaya, ataupun hiburan yang juga dapat dinikmati secara merata.
Penggunaan perangkat multimedia di kalangan masyarakat juga memiliki dampak
baik dan buruk, berikut merupakan beberapa dampak yang terjadi pada penggunaan
perangkat multimedia dikalangan masyarakat :
·
Dampak Positif
Di balik semua dampak buruk yang timbul karena media
internet, juga banyak dampak positif yang di timbulkan media internet.
Diantaranya adalah :
1. Internet sebagai media komunikasi
Merupakan fungsi internet yang paling banyak
digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna
lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data
Dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www
(world wide web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar
informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data
Perkembangan internet yang pesat, menjadikan www
sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi
5. Sebagai lahan informasi
Untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
dapat digunakan sebagai lahan untuk mencari informasi.
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
Pada bidang perdagangan memudahkan untuk
membeli/memesan suatu barang tanpa lagi perlu pergi menuju ke tempat penjualan.
·
Dampak Negatif
Di balik semua dampak buruk yang timbul karena media
internet, juga banyak dampak positif yang di timbulkan media internet.
Diantaranya adalah :
Perangkat untuk membuat Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak
multimedia adalah komponen-komponen yang ada dalam data processing
system, berupa program-program yang digunakan untuk mengontrol bekerjanya
sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian
yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak system multimedia dan
perangkat lunak aplikasi multimedia.
·
Bahasa
Pemrograman Multimedia
Bahasa
Pemrograman Multimedia merupakan bahasa-bahasa yang digunakan oleh para programmer
untuk dapat membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power
Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
·
Perangkat Lunak
Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari sistem
operasi (Operating System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows
95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat
lunak yang lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya
yaitu aplikasi Antivirus.
·
Perangkat Lunak
Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan
aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk digunakan user
yang beroperasi pada bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, 3D,
modeling dan animasi.
Adapun
macam-macam software tool multimedia yaitu :
1. Winamp
Winamp merupakan
media player untuk PC berbasis windows dan perangkat Android. Winamp mendukung
pemutaran musik dengan menggunakan MP3, MIDI, MOD, MPG, FLAC, WMA, WAV,
ACC. Winamp dapat mengedit suara musik sesuai selera seperti pop, jazz, rock
dll.
2. Photoshop
Photoshop
merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk editor buatan adobe systems yang
dikhususkan untuk pengeditan foto, gambar dan pembuatan efek.
3. Ms. Word
Microsoft Word
adalah aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan perusahaan microsoft
yang mempunyai fungsi untuk membuat surat menyurat, membuat grafik, membuat
tulisan menarik dengan menggunakan gambar,dll.
4. Adobe
Flash
Adobe Flash
adalah software untuk membuat presentasi yang canggih menggabungkan gambar,
animasi, suara, video, dan efek khusus.
Daftar Pustaka :
[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
[2]http://technopark.surakarta.go.id/id/media-publik/sains-dan-edukasi/184-pengertian-broadcast-dan-unsur-multimedia
[3]http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia2.pdf
[4]https://fauzanagam10.wordpress.com/2016/03/10/konsep-dasar-teknologi-informasi-multimedia/
[5]https://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/10/04/penggunaan-multimedia-dalam-proses-pembelajaran/
[6]https://yossiekudotcom.wordpress.com/2011/09/27/pembelajaran-berbasis-multimedia/
[7]http://sistem-multimedia.blogspot.co.id/2009/01/definisi-multimedia.html
[8]http://tyobee.blogspot.co.id/2010/11/asal-usul-multimedia.html
[9]https://qinqua.files.wordpress.com/2009/02/chapter-1.pdf
[10]https://ferdianrikudo.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/
[11]http://icttops.blogspot.com/2012/11/multimedia-interaktif.html
[12]http://dannyonggo.blogspot.co.id/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
[13]http://stiebanten.blogspot.co.id/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
[14]https://ap304.wordpress.com/2009/05/17/multimedia-2/
[15]https://khairunnisafathin.wordpress.com/2011/01/07/pengaruh-multimedia-terhadap-masyarakat/
[16]https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam
[17]https://budi.akmi-baturaja.ac.id/wp-content/uploads/2013/06/ModulTeori1.pdf
[18]evansaktiendi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/38739/sistem+multimedia.pptx
[19]https://widyaucit.wordpress.com/2011/12/13/software-multimedia/
[20]https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
[21]https://afwandi123.wordpress.com/2011/03/19/macam-macam-software-tool-multi-media/
[22]https://iqbalsuryablog.wordpress.com/2016/04/06/perangkat-media-pembuatan-multimedia/
[23]http://cruzadercruzer.blogspot.co.id/2012/04/hardware-dan-software-pada-multimedia.html
[24]http://mukhtarizafunna.blogspot.co.id/2015/04/perangkat-dan-alat-multimedia.html
Comments
Post a Comment