Tugas SoftSkill - Teknologi Inf. & Multimedia - Ke 1 - Ricko Putratama Wijaya - 4 IC 08 - 29414254 #MULTIMEDIA_MARET

Tugas SoftSkill Teknologi Informasi & Multimedia #MULTIMEDIA_MARET

Nama : Ricko Putratama Wijaya      Kelas : 4IC08     NPM : 29414254



Pengertian Multimedia
Multimedia sendiri merupakan cara yang dilakukan untuk melakukan penggunaan komputer guna menyajikan dan juga menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website. Pada awalnya multimedia hanya dapat mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa (berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Multimedia terbagi menjadi dua kategori, yaitu multimedia linier dan multimedia interaktif. Multimedia linier merupakan suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengunanya. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan), contohnya yaitu TV dan film. Multimedia interaktif merupakan suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh penggunanya, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. Contohnya yaitu multimedia interaktif adalah multimedia pembelajaran interaktif, aplikasi game, dll.

Konsep Dasar Multimedia
Secara bahasa MULTIMEDIA Terdiri dari dua kata yaitu MULTI dan MEDIA. Yang pertama yaitu MULTI yang memiliki arti “banyak”, sedangkan MEDIA yang memiliki arti “alat atau sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyampaikan informasi”. Jadi, menurut bahasa MULTIMEDIA dapat di artikan sebagai alat-alat yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi. Bukan hanya itu MULTIMEDIA juga memiliki arti suatu sarana yang di dalamnya terdapat suatu kombinasi elemen komunikasi seperti teks, grafik, animasi, video dan lainnya.

Berikut Pengertian Multimedia Menurut Para Ahli :
·      Najjar (1996) : Multimedia adalah Penyampaian informasi menggunakan gabungan dari teks, grafik, suara, video dan animasi.
·      Hofstetter (2001) : Multimedia adalah penggunaan komputer  untuk menampilkan informasi yang merupakan gabungan dari teks,  grafik, audio dan video sehingga membuat pengguna dapat bernavigasi,  berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi dengan komputer.
·      Lancien (1998:7) : Multimedia pada masa kini merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian media, seperti teks, animasi, grafik, suara, video kedalam sistem komputer.

Pemanfaatan Multimedia
Dengan adanya multimedia terdapat banyak manfaat yang dapat digunakan dalam berbagai aspek, diantaranya :
·      Edukasi
Dalam hal dunia pendidikan peranan perangkat multimedia sangat membantu dalam mempermudah proses pembelajaran siswa, guru dan dosen dalam menyampaikan dan juga menerima dari apa yang disampaikan. Contohnya: Tutorial, Ensiklopedia (Misal Microsoft Encarta) dengan demikian para siswa tidak jenuh dan merasa bosan dengan materi yang disampaikan secara monoton melalui suara, tapi ada tambahan dengan menyajikan gambar dan video dengan menggunakan sarana multimedia ini. Sehingga para siswa memliki ketertarikan guna memepelajari lebih dalam materi apa yang disampaikan oleh guru ataupun dosen.
·      Informasi
Suatu penyebaran informasi yang baik dan cepat sangat menunjang suatu informasi itu sendiri, dengan menggunakan multimedia informasi dapat diolah sedemikian rupa sehingga menarik dan cepat ditangkap,dengan penyediaan multimedia dalam bidang informasi tampat dan informasi yang kita cari dapat mudah diakses dan memberi daya tarik lebih. Contohnya pada pariwisata, Museum, Galeri Seni, Seminar, dll.
·      Entertaiment
Sebuah hiburan sangatlah penting dalam kehidupan manusia, setelah lelah seharian bekerja atau beraktifitas manusia membutuhkan hiburan yang menghibur untuk istirahat mereka, dengan adanya multimedia hiburan dikemas dengan sangat menarik, contohnya games, seni dan pertunjukan.
·      Medis
Dalam dunia kedokteran multimedia mempunyai peranan yang amat sangat penting karena dalam hal ini dapat membantu para dokter untuk menentukan penyakit dan mendiagnosanya, Contoh pemanfaatan multimedia pada kedokteran yaitu X-Ray Scanner. Selain itu dapat mempermudah Dokter dan perawat dalam memonitor kesehatan pasien contohnya seperti memonitor detak jantung pasien melalui monitor komputer, aliran darah dan memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.
·      Tempat Umum
Aplikasi multimedia di tempat-tempat umum dapat berupa kios informasi seperti yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. Misalnya kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau sarana hiburan yang terdapat didalam cakupan wilayah kios informasi tersebut.

Multimedia dalam Pendidikan
Definisi multimedia pembelajaran terbagi menjadi dua yaitu definisi sebelum tahun 1980-an dan definisi sesudah tahun 1980-an. Sebelum tahun 1980-an atau pada era 60-an, menurut Barker & Tucker, 1990 (Sunaryo Soenarto, 2005: 116), multimedia diartikan sebagai kumpulan dari berbagai peralatan media berbeda yang digunakan untuk presentasi. Dalam pengertian ini multimedia diartikan sebagai ragam media yang digunakan untuk penyajian materi pelajaran, misalnya penggunaan wall chart atau grafik yang dibuat di atas kertas karton yang ditempelkan di dinding. Tan Seng Chee & Angela F. L. Wong (2003: 217) menyatakan bahwa multimedia secara tradisional merujuk kepada penggunaan beberapa media, sedangkan multimedia pada zaman sekarang merujuk kepada penggunaan gabungan beberapa media dalam penyajian pembelajaran melalui komputer. Setelah tahun 1980-an, multimedia didefinisikan sebagai penyampaian informasi secara interaktif dan terintegrasi yang mencakup teks, gambar, suara, video atau animasi (Hackbarth, 1996; Philips, 1997). Hackbarth (1996: 229) menekankan bahwa hypermedia dan hypertext termasuk multimedia interaktif berbasis komputer. Philips (1997: 8) menekankan pada komponen interaktivitas yang menunjuk kepada proses pemberdayaan pengguna untuk mengendalikan lingkungan melalui komputer.
Penggunaan aplikasi multimedia dalam menyampaikan teoridanpraktek agar lebih mudah dan jelas sehingga topik pendidikan menjadi lebih menarik dan interaktif. Banyak pengajaran yang menggunakan multimedia dengan menggunakan gambar, suara, animasi dan video / film, seperti :
·      Perangkat ajar bahasa
·      Perangkat ajar berhitung untuk anak-anak
·      Alat peraga biologi
·      Kedokteran
·      Seni rupa & desain
·      Dll.
Berdasarkan hal tersebut, multimedia dalam proses belajar mengajar dapat digunakan dalam tiga fungsi. Pertama, multimedia dapat berfungsi sebagai alat bantu instruksional. Kedua, multimedia dapat berfungsi sebagai tutorial interaktif, misalnya dalam simulasi. Ketiga, multimedia dapat berfungsi sebagai sumber petunjuk belajar, misalnya, multimedia digunakan untuk menyimpan serangkaian slide mikroskop atau radiograf.
Teknologi multimedia ini, juga dapat digunakan dalam mengembangkan Computer Assisted Learning (CAL).  Computer Assisted Learning (CAL) adalah perangkat lunak pendidikan yang diakses melalui komputer dan meru-pakan bentuk pembelajaran yang menempatkan komputer sebagai “dosen”. Karena pada intinya CAL merupakan media ganda yang terintegrasi yang dapat menyajikan suatu paket ajar yang berisi komponen visual dan suara secara bersamaan.

Multimedia dikalangan Masyarakat
Penggunaan perangkat multimedia dikalangan masyarakat dapat digunakan untuk menginformasikan atau mencari informasi di seluruh dunia (negara-negara lain) tanpa harus datang menyaksikan langsung informasi tersebut ke lokasi yang dimaksud. Saat ini internet sudah menjangkau ke seluruh individu yang tanpa menggunakan PC (Personal Computer) dapat menggunakan internet yang didukung dengan adanya HP (Handphone) dengan teknologi 3G bahkan 4G nya. Kemudian juga perangkat multimedia lainnya yaitu TV (Televisi) yang dapat memberikan banyak informasi kejadian, budaya, ataupun hiburan yang juga dapat dinikmati secara merata. Penggunaan perangkat multimedia di kalangan masyarakat juga memiliki dampak baik dan buruk, berikut merupakan beberapa dampak yang terjadi pada penggunaan perangkat multimedia dikalangan masyarakat :
·      Dampak Positif
Di balik semua dampak buruk yang timbul karena media internet, juga banyak dampak positif yang di timbulkan media internet. Diantaranya adalah :
1. Internet sebagai media komunikasi
Merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data
Dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data
Perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi
5. Sebagai lahan informasi
Untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain dapat digunakan sebagai lahan untuk mencari informasi.
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis
Pada bidang perdagangan memudahkan untuk membeli/memesan suatu barang tanpa lagi perlu pergi menuju ke tempat penjualan.
·      Dampak Negatif
Di balik semua dampak buruk yang timbul karena media internet, juga banyak dampak positif yang di timbulkan media internet. Diantaranya adalah :

Perangkat untuk membuat Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak multimedia adalah komponen-komponen yang ada dalam  data processing system, berupa program-program yang digunakan untuk mengontrol bekerjanya sistem komputer multimedia. Perangkat lunak ini digolongkan menjadi tiga bagian yaitu bahasa pemrograman multimedia, perangkat lunak system multimedia dan perangkat lunak aplikasi multimedia.
·      Bahasa Pemrograman Multimedia
Bahasa Pemrograman Multimedia merupakan bahasa-bahasa yang digunakan oleh para programmer untuk dapat membuat aplikasi multimedia. Contohnya Assembly, C, C++, Power Builder, Delphi, SQL, Visual Basic dan Java.
·      Perangkat Lunak Sistem (System Software)
Perangkat lunak ini terdiri dari  sistem operasi (Operating  System) misalnya DOS (Disc Operating System), Windows 95/98/ME, Windows NT/2000, Windows XP, Windows Vista, UNIX, Linux atau Mac OS. Perangkat lunak yang lainnya adalah aplikasi utilitas (utility application) misalnya yaitu aplikasi Antivirus.
·      Perangkat Lunak Aplikasi Multimedia
Perangkat lunak aplikasi multimedia merupakan aplikasi-aplikasi yang dibuat oleh personal atau organisasi untuk digunakan user yang beroperasi pada bidang-bidang multimedia spesifik seperti grafik 2D, 3D, modeling dan animasi.

Adapun macam-macam software tool multimedia yaitu :
1. Winamp
Winamp merupakan media player untuk PC berbasis windows dan perangkat Android. Winamp mendukung  pemutaran musik dengan menggunakan MP3, MIDI, MOD, MPG, FLAC, WMA, WAV, ACC. Winamp dapat mengedit suara musik sesuai selera seperti pop, jazz, rock dll.
2. Photoshop
Photoshop merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk editor buatan adobe systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto, gambar dan pembuatan efek.
3. Ms. Word
Microsoft Word adalah aplikasi program pengolah kata yang dikeluarkan perusahaan microsoft yang mempunyai fungsi untuk membuat surat menyurat, membuat grafik, membuat tulisan menarik dengan menggunakan gambar,dll.
4.  Adobe Flash
Adobe Flash adalah software untuk membuat presentasi yang canggih menggabungkan gambar, animasi, suara, video, dan efek khusus.



Daftar Pustaka :
[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
[2]http://technopark.surakarta.go.id/id/media-publik/sains-dan-edukasi/184-pengertian-broadcast-dan-unsur-multimedia
[3]http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia2.pdf
[4]https://fauzanagam10.wordpress.com/2016/03/10/konsep-dasar-teknologi-informasi-multimedia/
[5]https://muhfathurrohman.wordpress.com/2012/10/04/penggunaan-multimedia-dalam-proses-pembelajaran/
[6]https://yossiekudotcom.wordpress.com/2011/09/27/pembelajaran-berbasis-multimedia/
[7]http://sistem-multimedia.blogspot.co.id/2009/01/definisi-multimedia.html
[8]http://tyobee.blogspot.co.id/2010/11/asal-usul-multimedia.html
[9]https://qinqua.files.wordpress.com/2009/02/chapter-1.pdf
[10]https://ferdianrikudo.wordpress.com/2013/03/16/pemanfaatan-multimedia/
[11]http://icttops.blogspot.com/2012/11/multimedia-interaktif.html
[12]http://dannyonggo.blogspot.co.id/2012/04/pemanfaatan-multimedia.html
[13]http://stiebanten.blogspot.co.id/2011/07/manfaat-multimedia-dalam-kehidupan.html
[14]https://ap304.wordpress.com/2009/05/17/multimedia-2/
[15]https://khairunnisafathin.wordpress.com/2011/01/07/pengaruh-multimedia-terhadap-masyarakat/
[16]https://id.wikipedia.org/wiki/Telepon_genggam
[17]https://budi.akmi-baturaja.ac.id/wp-content/uploads/2013/06/ModulTeori1.pdf
[18]evansaktiendi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/38739/sistem+multimedia.pptx
[19]https://widyaucit.wordpress.com/2011/12/13/software-multimedia/
[20]https://id.wikipedia.org/wiki/Perangkat_lunak
[21]https://afwandi123.wordpress.com/2011/03/19/macam-macam-software-tool-multi-media/
[22]https://iqbalsuryablog.wordpress.com/2016/04/06/perangkat-media-pembuatan-multimedia/
[23]http://cruzadercruzer.blogspot.co.id/2012/04/hardware-dan-software-pada-multimedia.html
[24]http://mukhtarizafunna.blogspot.co.id/2015/04/perangkat-dan-alat-multimedia.html

Comments

Popular posts from this blog

Rangkaian Lampu Sederhana dan FLIP FLOP pada Sepeda Motor

Mercedes-Benz OH 1836

Tugas 3 : IBD dalam kesusastraan